Daun Jati Cina Bubuk


Reaksi pengobatan dari daun jati cina disebabkan adanya berbagai antrakuinon organik dalam bentuk glikosida, termasuk hidroksiantrasena, dianthrone, dan glikosida naftalena. Jati cina juga mengandung sekelompok glikosida yang disebut sebagai sennosides. Senyawa ini merangsang otot-otot halus yang mengangkut makanan yang dicerna melalui usus, sehingga berkontribusi untuk menigkatkan volume tinja sehingga terjadi kontraksi untuk memindahkan keluar dari usus besar.

Daun Jati CinaDaun dan biji mengandung glikosida antrasena yaitu senosida A, senosida B, senosida C dan senosida D, glikosida rhein, sejumlah kecil aloeemodin, musilago (10%), flavonoid (turunan kaemferol); glikosida naftalena, isoramnetin, asam krisofanat, senakrol, senapikrin, katartomanit, β-sitosterol. Efek pengobatan dari Daun Senna dikarenakan kandungan glikosida antrakinon terutama Senosid A dan B (daun jati cina grade A & B).

Penguraian glikosida antrakuinon dalam saluran pencernaan dapat terjadi dalam 2 cara:

  1. Glikosida tidak diserap dalam usus bagian atas tetapi diurai oleh mikroflora dalam usus besar menjadi aglikon aktif, secara principal rhein anthron yang menimbulkan efek laksatif pada usus besar .
  2. Adanya empedu dan gula, aglikon bebas dapat diserap masuk ke dalam aliran darah dan dikeluarkan kemudian ke dalam usus besar. Hasil akhirnya Auerbach plexus menghasilkan peningkatan kontraksi otot usus. Selain itu kandungan mucilage mengurangio penyerapan cairan yang menyebabkan peningkatan kerja laksatif.

Waktu aksi senna berkisar antara 8-10 jam, sehingga sebaiknya diminum pada waktu malam. Senosida dapat menghilangkan keluhan konstipasi pasien (irritable bowel syndrome). Pada dosis terapi tidak ditemukan adanya gangguan kebiasaan waktu defekasi; dapat melunakkan tinja dan meningkatkan kecepatan transit makanan dalam kolon melalui peningkatan gerakan peristaltik. Senosida sedikit diserap pada bagian atas saluran gastrointestinal.


https://www.tokopedia.com/







JUAL OBAT HERBAL >>> http://mahkotadewa.net/

Tidak ada komentar: