Ajeran (Bidens pilosa L.)

Ajeran (Bidens pilosa L.)

Ajeran (Bidens pilosa L.)

Tumbuhan ini termasuk tumbuhan liar dan banyak ditemui di pinggir jalan. Kadang-kadang ditanam di halaman, sebagai tanaman hias. Tumbuhan ini tergolong terna, tinggi dapat mencapai 150 cm. Batang berbentuk segi empat, warna hijau. Daun bertiga-tiga, masing-masing berbentuk bulat telur, pinggir bergerigi. Bunga bertangkai panjang, mahkota bunga berwarna putih dengan putik berwarna kuning. Bagian yang digunakan Seluruh bagian tumbuhan yang berada di atas tanah (herba).

Nama Ilmiah
: Bidens pilosa L., Bidens
Nama Daerah : Ajeran, hareuga (Sunda), jaringan, ketul (Jawa).
Nama Asing : Jin Zhan Yin Pan (Cina)

Penyakit Yang Dapat Diobati :
Sifat khas mendinginkan, rasa pahit, dan melancarkan peredaran darah. KHASIAT Antiinflamasi, antipiretik, dan antiseptik.

Pemanfaatan atau Kegunaan Tumbuhan Ajeran :
  1. Demam.
  2. Pencernaan tidak baik.
  3. Rematik (nyeri persendian).
  4. Selesma.
  5. Usus buntu.
  6. Wasir.

Penyakit Yang Dapat Disembuhkan dan Cara Penggunaannya :

1. Demam, Influenza, dan sakit tenggorokan
Rebus 15-120 grm herba ajeran, rebus dengan 4 gelas air sampai rebusan tersisa 2 gelas, lalu bagi menjadi 2 gelas yang sama. Minum 2 kali sehari secara teratur.
2. Radang Usus Buntu (acute apendixitis)
Penyakit usus buntu harus segera ditangani oleh dokter. Bila karena sesuatu hal, dokter belum dapat ditemui, ramuan ini dapat digunakan.
Cuci bersih 15-120 grm daun ajeran. Rebus bahan tersebut dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Buat menjadi 2 bagian lalu minum 2 kali sehari.
3. Gatal-gatal (pruritis)
Cuci bersih 100 grm daun ajeran, rebus dengan 4 gelas air sampai rebusan tersisa 2 gelas, lalu bagi menjadi 2 gelas yang sama. Minum 2 kali sehari secara teratur.
4. Mencret (gastroenteritis)
Cuci bersih 15-120 grm daun ajeran, rebus dengan 4 gelas air sampai rebusan tersisa 2 gelas, lalu bagi menjadi 2 gelas yang sama. Minum 2 kali sehari secara teratur.


source : dari berbagai sumber





JUAL OBAT HERBAL >>> http://mahkotadewa.net/

Tidak ada komentar: