Berbagai Manfaat Jahe Bagi Kecantikan Kulit

Jahe merupakan tanaman asli Asia Tenggara. Rimpang yang satu ini disebut dalam peninggalan sejarah Cina dan jahe telah digunakan sebagai tanaman obat di Asia selama ribuan tahun. Kita dapat merasakan manfaat jahe bagi kulit dengan jalan memakannya, meminumnya dalam bentuk seduhan, maupun mengonsumsinya dalam bentuk suplemen. Apa saja sih manfaat jahe bagi kecantikan dan bagaimana cara menggunakannya? Simak berikut ini.

Melembutkan dan mencerahkan kulit
Gingerol, senyawa antioksidan dari jahe, bukan hanya melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit tapi juga dapat membantu melembutkan bahkan mencerahkan warna kulit. Semua jahe memiliki senyawa ini tapi jahe yang memiliki antioksidan paling potensial adalah Blue Ginger dari Madagascar.

Cara menggunakannya adalah dengan memarut 2 inchi rimpang jahe segar dan mencampurnya dalam dua sendok teh minyak vitamin E, minyak wijen, dan minyak biji aprikot. Setelah itu aplikasikan campuran tersebut pada kulit disertai dengan pijatan-pijatan lembut.

Membantu menghilangkan selulit
Jahe juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan selulit ketika digunakan dalam perawatan spa. Rimpang ini memberikan energi dan dipercaya melancarkan sirkulasi tubuh sehingga dapat membantu mengatasi selulit pada kulit.

Caranya gosokkan jahe segar yang telah diparut dan dicampur dengan minyak zaitun secara rutin setiap hari. Rasakan hasilnya setelah penggunaan teratur selama enam minggu.

Membantu melawan jerawat
Jahe memiliki efek antiinflamasi atau antiradang yang membuatnya sebagai bahan alami pelawan jerawat. Rimpang pedas ini juga memiliki efek antiseptik yang efektif dalam membunuh bakteri penyebab jerawat.

Untuk memperoleh manfaat yang satu ini, jahe diolah dalam dua cara yakni sebagai exfoliator (pengelupasan) dan sebagai krim.

Exfoliator
Efek menyegarkan dan meremajakan dari rimpang jahe membuatnya dapat dimanfaatkan sebagai exfoliator ideal. Tambahkan 1/2 sendok makan jahe segar parut dan 1/2 sendok makan kayu manis bubuk ke dalam satu cup garam laut mati dan satu cup minyak almond atau minyak zaitun, lalu aduk hingga rata. Gunakan campuran ini sebagai penghilang sel kulit mati dan pencerah noda hitam dengan cara mengoleskannya pada kulit sambil dipijat.

Cream
Caranya dengan memarut empat inchi jahe lalu peras. Campur 1/4 sendok teh dari air perasan jahe tersebut dalam wadah kaca lalu tambahkan empat sendok teh minyak jojoba, empat sendok teh minyak almond, empat sendok teh minyak vitamin E dan satu cup lemak coklat. Tim campuran tersebut sambil diaduk rata untuk melelehkan lemak coklatnya. Biarkan hingga mendingin dan kental. Gunakan krim tersebut secara rutin pada daerah yang berjerawat.





JUAL OBAT HERBAL >>> http://mahkotadewa.net/

Tidak ada komentar: