Resep Ramuan Herbal Temulawak untuk Hepatitis



Resep Ramuan Herbal Temulawak . Anda pernah mendengar tanaman herbal asli Indonesia ini ? Tanaman herbal temulawak. Tumbuhan ini penyebarannya hanya terbatas di wilayah jawa, maluku dan kalimantan.

Temulawak (Curcuma xanthorhiza) Temulawak masuk dalam keluarga Zingibereaceal dan tumbuh ditanah tegalan , terutama pada tanah gembur, sehingga buah rimpangnya mudah berkembang menjadi besar.

Temulawak batang pohonnya berbentuk batang semu, daunnya lebar dan pada setiap helai daun dihubungkan dengan pelepah dan tangkai daun yang agak panjang. Bunganya berbentuk unik bergerombol dan berwarna kuning tua, rimapng temulawak sejak lama dikenalsebagai bahan ramuan obat. Aroma dan warna khas dari rimpang temulawak adalah berbau tajam dan daging buahnya berwarna kekuning-kuningan.

Temulawak di Jawa Tengan dikenal sebagai minuman eksotik dengan cita rasa khas. Dengan mencampurkan tanaman bersama gula dan kunyit, lalu diseduh dengan air panas akan menghasilkan rasa tersendiri. Ramuan ini biasanya diberikan kepada anak-anak yang susah makan.

Berikut adalah beberapa khasiat tanaman herbal temulawak :
Beragam penyakit dapat diobati dengan umbi tanaman ini, misal sakit limfa, ginjal, sakit pinggang, asma, sakit kepala, masuk angin, maag, sakit perut, produksi ASI, menambah nafsu makan, sembelit, cacar air, sariawan, rematik, jerawat, bahkan untuk kanker stadium dini serta dipercaya juga sebagai ramuan yang memperlambat proses penuaan, menghilangkan flek hitam wajah dan menjaga kelenturan tubuh.

Temulawak juga berkhasiat menghilangkan rasa nyeri dan sakit karena kanker. Ekstrak temulawak sangat dianjurkan untuk dikonsumsi guna mencegah penyakit hati, termasuk hepatitis B yang menjadi salah satu faktor risiko timbulnya kanker hati.

Ramuan temulawak untuk hepatitis

Bahan:
  • 10 gram rimpang temulawak
  • 10 gram kunyit
  • 10 gram daun sambiloto kering
  • 10 gram rimpang temu mangga
  • 10 gram ciplukan kering (seluruh bagian tanaman)
  • 10 gram meniran (seluruh bagian tanaman)
Cara Membuat:
Setelah dicuci bersih, rimpang temulawak, kunyit, temu putih, dan temu mangga diparut halus. Parutan tersebut dicampur dengan ciplukan, meniran, dan daun sambiloto, lalu direbus dengan 2 gelas air putih sampai tersisa sekitar 1,5 gelas. Setelah disaring, ramuan diminum 3 kali sehari masing-masing 1/2 gelas. Untuk mengurangi rasa pahit, tambahkan 1 sendok makan madu.





JUAL OBAT HERBAL >>> http://mahkotadewa.net/

2 komentar:

obat hepatitis mengatakan...

terimakasih infonya :)
silahkan kunjungi http://www.gamatluxorjakarta.com
terimakasih semoga bermanfaat :)

obat hepatitis mengatakan...

asyik jadi nambah nih pengetahuan saya ..
terimakasih infonya gan :)